السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Kamis, 03 Oktober 2024

Menilik Tingkatan Cinta dalam Bahasa Arab



Halimi Zuhdy

"Emangnya cinta ada tingkatannya?." Ada lah!. Cinta itu rasa. Rasa itu adalah perasaan. Perasaan itu bermacam-macam. Seperti lidah merasakan makanan, maka ada makanan yang sedang, enak dan enak banget. He. 

Demikian juga dengan cinta. Cinta biasa, cinta biasa-biasa saja, dan cinta banget. Kalau ini, ngarang saja. Lah, dalam bahasa Arab, cinta itu ada 14 tingkatan, sebagaimana dalam gambar di atas, yaitu; الهوى (Al-Hawa), الصبوة (As-Sabwa), الشغف (Asy-Syaghaf), الوجد (Al-Wajd), الكلف (Al-Kalaf), العشق (Al-‘Isyq), النجوى (An-Najwa), الشوق (Asy-Syaq), الوصب (Al-Washb), الاستكانة (Al-Istikanah), الود (Al-Wudd), الخلة (Al-Khillah), الغرام (Al-Gharam), dan الهيام (Al-Hiyam).
Sedangkan penjelasa singkatnya, dari tingkatan di atas dimulai dari kata "al-hawa", seringkali kata ini kita terjemah dengan hawa nafsu, yang arti awalnya adalah keinginan, dan mempunyai beberapa makna; cinta, nafsu birahi, kecenderungan, kegemaran, khayalan dan keinginan yang datang tiba - tiba. Maka, (1) الهوى (Al-Hawa) adalah tingkat pertama dari cinta, yang berarti mulai menyukai seseorang.

Sedangkan tingkatan (2) adalah الصبوة (As-Sabwa), yaitu tahap di mana cinta menjadi lebih mendalam dan muncul rasa saling ketertarikan antara dua orang. Juga bisa diartikan dengan "hanin", kasih sayang. (3) yaitu الشغف (Asy-Syaghaf), cinta yang menyentuh hati terdalam, di mana perasaan cinta telah memasuki relung hati. Lah, ini semakin dalam, dibandingkan dengan al hawa dan al-subwah. Dan kata saghaf ini sering digunakan sebagai pengganti kata hubb. 

Berikutnya, adalah (4) الوجد (Al-Wajd), tahap ketika cinta telah begitu mendalam, dan pikiran terus dipenuhi oleh orang yang dicintai. Wow. Kalau sudah penuh, apakah masih ada tempat lainnya?😁. Ternyata, ada tapi agak sedikit membuat perih, apa? Yaitu (5). الكلف (Al-Kalaf) perasaan cinta yang kuat, hingga menyakitkan.

Sebenarnya, ada banyak kemiripan antara satu kata dengan kata lainnya, tapi namanya kata yang berbeda, maka pasti ada maksud yang berbeda. (6) العشق (Al-‘Isyq) tahap cinta yang intens, melibatkan pengorbanan besar dan kecintaan yang mendalam. Tidak hanya cinta berjalan indah, tapi dalam keindahan terkadang ada sandingan, tapi sandungan ini bukan halangan, tapi untuk lebih hati-hati menemukan cinta. Maka, ada (7) النجوى (An-Najwa), adalah cinta yang penuh dengan kerinduan dan kesedihan karena jarak atau perpisahan.

Seringkali "rindu" dianggap berbeda dengan "cinta", apakah emang berbeda?. Lah, kata ini (8) الشوق (Asy-Syaq) adalah tahap kerinduan dan perasaan ingin bertemu dengan orang yang dicintai. Ini, juga namanya cinta. Berikutnya, (9) الوصب (Al-Washb) cinta yang menimbulkan rasa sakit atau penderitaan, seolah-olah seperti penyakit. (10) الاستكانة (Al-Istikanah), adalah tahap di mana seseorang merasa tunduk dan patuh terhadap orang yang dicintai

Berikutnya; (11) الود (Al-Wudd) cinta yang lembut dan penuh kasih sayang, biasanya terjadi antara pasangan. Lah, ini ynag sering kita dengar dengan mawaddah, dalam samara (sakinah, mawaddah wa rahmah). (12) الخلة (Al-Khillah), tahap penyatuan cinta, di mana dua orang menjadi satu dan tidak terpisahkan. Khalil, cinta yang memenuhi celah, sampai penuh. Berikutnya adalah (13 ) الغرام (Al-Gharam), yaitu salah satu derajat cinta tertinggi, di mana cinta terus menerus dan tak terpisahkan. Dan cinta yang paling tinggi adalah (14) الهيام (Al-Hiyam), Derajat cinta tertinggi, yang mencapai tingkat kegilaan atau cinta tanpa batas. Tapi, yang jelas tidak benar-benar gila lo! 

Terus, dimana posisi kata "hubb"? Lanjut di youtube Lil Jamik

***
Marja' ; Bainunah

Malang, 03 Oktober 2024.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar