السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة
YA RABB BERILAH CINTAMU, WALAU SETETES BIARKANLAH : HATI, PIKIRAN, TUBUH KITA SELALU MENDEKAT PADA-NYA

Facebook Halimi Zuhdy

Sabtu, 21 September 2024

Asal Usul Nama Ibrahim dan Kebesaran dalam Sejarah Agama


Halimi Zuhdy

Setiap sesuatu yang banyak dibahas, dibincangkan, dikaji pasti sesuatu yang istimewa, atau sebaliknya. Dan dianggap sesuatu yang berarti. Seperti nama Nabi "Ibrahim", yang kalau di Barat dikenal dengan Abraham. Dan, yang mendapatkan julukan "Al-Khalil" dari para Nabi, hanyalah Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad. 
Yuk! Kita selidik sedikit, asal usul kata Ibrahim ini.  Dalam kitab jila' Al-Afham, karya Abi Abdillah, bahwa Ibrahim berasal dari bahasa Suryani, yaitu "ib" dari Ab (abun, اب, ayah) dan "rahim" dari rahim (رحيم, penyayang). Ibrahim : Abu Rahim, Ayah yang penyayang.  

Sedangkan dalam Kamus Ma'ani, kata "إبراهيم" (Ibrahim), berasal dari bahasa non-Arab (ajami) yang merujuk pada negara asal Nabi Ibrahim, makna aslinya adalah "أبو الجمهور" (bapak dari banyak orang), yang nama aslinya adalah "أَبرام" (Abram), yang artinya adalah "الأب الرفيع" (ayah yang mulia). 

Dan nama "إبراهيم" sendiri tidak berasal dari bahasa Arab atau juga tidak berasal dari Ibrani (sebagaimana anggapan banyak orang), kata ini berasal dari "كوفى" (Kufi), daerah dekat Kufah. Ada beberapa varian nama ini dalam bahasa-bahasa lain seperti: أبرام, أبرهة (Abram, Abraha). Ada juga makna tambahan dalam bahasa Kurdi, yaitu "بن الأخ" (putra saudara laki-laki). Dalam bahasa lain, seperti bahasa Kurdi, nama ini terdiri dari dua kata: "بن الأخ" (putra saudara) dan "هام" (bebatuan), yang artinya adalah "أخو الصخر" (saudara dari bebatuan). Nama ini mungkin mengacu pada bebatuan yang digunakan untuk membuat patung-patung. (Kamus Ma'ani).
Dalam Al-Maudhu' dan wikipedia Arab juga tidak jauh berbeda penjelasannya, bahwa Ibrahim adalah nama yang berasal dari bahasa Semitik (أصل سامي). Daerah Syam, kalau hari ini adalah berada di: Libanon, Palestian, Suriah, dan Yordania. Nama Ibrahim dianggap penting dalam agama Yahudi, Kristen, dan Islam karena Ibrahim disebut sebagai أبو الأنبياء (Bapak para Nabi) dalam ketiga agama tersebut. Nama Ibrahim memiliki makna yang sama dalam kitab suci Taurat dan dianggap berarti أبو الجمهور atau أبو الأمم (Bapak dari banyak orang atau Bapak bangsa-bangsa). Dalam bahasa Aram, "أبرام" bisa berarti "ayah yang tinggi" atau "ayah yang terhormat", yang merupakan asal usul nama Ibrahim.

Dalam berbagai bahasa di Eropa dan Amerika, nama Ibrahim disebut dengan varian sebagai berikut; Abraham dalam bahasa Inggris, Авраам (Avraam) dalam bahasa Rusia, ܐܒܪܗܡ (Avrahaim) dalam bahasa Suryani. Nama Ibrahim juga memiliki berbagai bentuk dan variasi di beberapa bahasa lain, seperti dalam bahasa Kurdi, dan memiliki bentuk diminutif seperti بَراهيم. 

Malang, 8 September 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar