Sang Pemimpin gundah gulana. Gosip kejam itu telah menguasai seluruh kota.
Istri sang pemimpin digosipkan “ada main” dengan salah seorang anak buahnya.
Istri yang digosipkan itu adalah perempuan muda yang sangat ia cintai dan
sangat mencintainya, anak sahabatnya yang sangat ia cintai pula.
Karena tidak ada bukti maupun saksi, sang pemimpin hanya dapat meminta
pendapat para tokoh-tokoh pembantunya mengenai kebenaran dan tidaknya gosip
tersebut. Payahnya, beberapa tokoh yang dimintai pendapat, ada yang tampak
membenarkan meski banyak yang terang-terangan menolak dan memustahilkan.
Bahkan pro dan kontra tentang masalah ini nyaris menimbulkan fitnah.
Sang pemimpin (Rasulullah, Nabi Muhammad SAW) akhirnya menemui sang istri
yang sudah beberapa hari, atas permintaannya, berada di kediaman kedua
orangtuanya. Sang istri (sayyidatina Aisyah r.a.) yang sudah dua hari dua
malam tidak tidur itu sedang ditunggui kedua orangtuanya (sayyidina Abu
Bakar Shiddiq dan Ummu Ruman), saat sang pemimpin masuk dan duduk di dekat
pembaringan.
“Aisyah, aku mendengar suara-suara begini-begitu tentang dirimu;” sabda
Rasulullah kemudian, “apabila kamu tidak bersalah, Allah akan menyatakan
kamu tidak bersalah. Bila ternyata kamu melakukan dosa, beristighfarlah
kepada Allah dan bertaubatlah. Hamba apabila mengaku salah dan bertaubat,
Allah akan menerima taubatnya.”
Mendengar sabda sang suami tercinta itu, sayyidatina Aisyah-yang selama ini
terus menangis-seketika airmatanya terhenti dan berkata ditujukan kepada
kedua orangtuanya, “Kalian jawablah Rasulullah.” Kedua orangtuanya menjawab,
“Demi Allah, kami tidak tahu harus berkata apa.”
Sayyidatina Aisyah, sang istri belia itu pun berkata dengan tegarnya:
“Sesungguhnya, saya tahu kalian semua telah mendengar omongan gosip ini,
sehingga sudah tertanam dalam diri kalian dan kalian telah mempercayainya.
Kalau pun saya mengatakan kepada kalian bahwa saya tidak bersalah, kalian
tidak akan mempercayai saya. Sebaliknya, bila saya mengakui perbuatan yang
Allah tahu semata bahwa saya tidak melakukannya, kalian pasti
mempercayainya. Demi Allah, saya tidak menemukan contoh untuk kalian kecuali
ayahnya Nabi Yusuf ketika berkata, Fashobrun jamiil wallaahul must’aanu
‘alaa maa tashifuun (Kesabaran yang baiklah pilihanku dan Allah sajalah
tempat memohon pertolongan terhadap apa yang kalian ceritakan).” (Bacalah
kisah menarik yang menjadi sebab turunnya ayat 4 dan seterusnya di surah 24.
al- Nur antara lain di kitab Nurul Yaqin oleh Syeikh Muhammad Khudhari Bek).
Menyimak kata-kata sayyidatina ‘Aisyah di hadapan tokoh-tokoh agung -
Rasulullah SAW dan shahabat Abu Bakar Shiddiq sekalian-itu mungkin orang
tidak mengira bahwa ketika itu usianya baru belasan tahun. Sayyidatina
Aisyah sepertinya memang disiapkan Allah menjadi contoh perempuan pendekar.
Apabila Rasulullah SAW diasuh dan dididik langsung oleh Allah, maka
sayyidatina Aisyah diasuh dan dididik langsung oleh Rasulullah SAW.
Maka, tidak heran bila dalam sejarah Islam, sayyidatina Aisyah yang lahir 8
tahun sebelum hijrah dan wafat tahun 58 H, dikenal sebagai perempuan paling
alim. Menguasai ilmu-ilmu agama dan kesusastraan, bahkan ketabiban. Guru
dari banyak tokoh-tokoh ulama dan mufti yang menjawab masalah-masalah
keagamaan dan kehidupan yang diajukan. Ia dianggap perempuan yang paling
mengetahui tentang al-Quran dan Sunnah Rasul SAW; di samping penyebar
ilmu-ilmu agama terkemuka.
Sayyidatina Aisyah pun boleh dikata menjadi-atau tepatnya mungkin: dijadikan
Allah-simbol penolakan terhadap stigma bahwa perempuan adalah kaum lemah,
konco wingking yang hanya swarga nunut neraka katut. Ia merupakan bantahan
telak terhadap opini bahwa yang hebat hanya laki-laki. Tanpa menuntut
kesetaraan dengan kaum laki-laki, sayyidatina Aisyah telah menunjukkan
kesataraan.
Di negeri kita sendiri, (dulu) banyak Muslimah yang mengikuti jejak
sayyidatina Aisyah. Tanpa menggembar-gemborka n kesetaraan gender, mereka
berbuat dan berkhidmah setara dengan kaum laki-laki. Sekedar contoh, Ibu
Nyai Nur Chodijah yang merintis pondok pesantren puteri di Denanyar Jombang
dan Ibu Rahmah Al-Yunusiyah di Sumatra Barat. Ibu Nyai Fatimah, Nyai
Mahmudah Mawardi, Nyai Khairiyah Hasyim, dan Nyai Nuri Maksum yang mengajar
santri-santri laiknya kyai-kyai. Nyai Sholichah Munawwarah aktivis sosial
yang tidak kalah gigih dari aktivis laki-laki.
Raden Ajeng Kartini, yang pernah ngaji dan berguru kepada Mbah Kyai Saleh
Darat dan diperingati hari lahirnya tanggal 21 April, saya kira juga tidak
hanya menuntut kesetaraan. Tapi, mengajak kaumnya untuk mensetarakan diri
dengan ilmu pengetahuan dan pencerdasan.
Diambil Dari Tulisan KH. Mustofa Bisri
Penulis adalah pemimpin Pondok Pesantren Roudhotut Thalibin, Rembang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar